Home » » Berbagi Senyum

Berbagi Senyum

Written By Yayasan Kilau Indonesia on Selasa, 03 Januari 2017 | 18.53


Tersenyum untuk seseorang yang kita sukai memang sangat mudah dan tentunya akan spontan kita lakukan. Seketika hati akan terasa bahagia, ketika senyuman kita dibalas kembali dengan senyuman indah. Seseorang yang senantiasa melempar senyum untuk sesame akan terasa hanyat untuk diajak bicara, dan membuat nyaman lawan bicaranya. Bahkan Rasulullah SAW mencontohkan prilaku murah senyum tersebut, beliau selalu ramah terhadap siapa saja. Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam merupakan seorang suami yang penuh canda dan senyum dalam kehidupan rumah tangganya.  Aisyah Radliyallahu’anha mengungkapkan, ”Adalah Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam ketika bersama istri-istrinya merupakan seorang suami yang paling luwes dan semulia-mulia manusia yang dipenuhi dengan gelak tawa dan senyum simpul.” (Hadits Riwayat Ibnu Asakir)


Banyak sekali keutamaan dari sebuah senyuman, yang pertama adalah bernilai ibadah Rosullullah Bersabda:

“Senyummu ketika berjumpa saudaramu adalah ibadah.” ( HR al-Baihaqi no. 7935).

Yang kedua adalah menjadikan kita sebagai seseorang yang bisa menghargai kebaikan Dari Abu Dzarr Radiyallahu ‘anhu ia berkata, : Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa sallam bersabda  :


”Janganlah kamu memandang rendah sedikitpun suatu kebajikan, walaupun sekedar kamu bertemu  saudaramu dengan wajah berseri-seri”. (HR Muslim no.2626.).

Yang ketiga bisa menjadi obat hati, fikiran dan jiwa. Rasulullah bersabda :

” Janganlah kamu terlalu membebani jiwamu dengan segala keseriusan hidup. Hiburkanlah dirimu dengan hal-hal yang ringan dan lucu kerana jikalau jiwa terus dipaksa memikul beban-beban yang berat, ia akan menjadi keruh.” ( HR Ibnu Majah no. 1130 )

Berbagi Senyum
#BerbagiBahagia

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : OBRAL BLOG | Blog Developer
Copyright © 2012. Kilau - Lembaga Kemanusiaan - All Rights Reserved